Bacaan Qunut merupakan bacaan yang disarankan digunakan pada salat subuh. Dimana menurut Mazhab Syafi’I dan Maliki dikatakan bahwa melaksanakan salat subuh disarankan untuk menambahkan Doa Qunut didalamnya.

مَا زَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ يَقْنُتُ فِيْ صَلاَةِ الْغَدَاةِ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam senantiasa melakukan qunut pada shalat Subuh sampai beliau meninggalkan dunia” (HR. Ahmad)

Berdasarkan hadits Riwayat Anas bin Malik diatas menjadi sebuah arahan untuk umat muslim menggunakan doa qunut latin. Namun, apabila anda lupa untuk menggunakan doa qunut latin dalam salat anda, lantas apa yang harus anda lakukan?

Apabila anda merasa lupa menambahkan doa qunut latin anda diwajibkan untuk menggantinya dengan sujud sahwi. Memang doa qunut latin tidak diwajibkan dilakukan dalam salat subuh. Tetapi, jika anda tidak menggunakan doa qunut latin maka salat anda masih dapat diterima dan tidak membatalkan salat. Hanya saja anda dianjurkan untuk menggantinya dengan sujud sahwi yang dilakukan.

Doa qunut latin memang cukup pendek untuk dihafalkan sehingga akan membantu anda menggunakannya dalam beragam kegiatan keagamaan menggunakannya. Doa qunut latin sendiri memiliki beragam keutamaan yang dapat menunjang keberkahan hidup umat-nya. Dimana doa qunut latin yang dilafazkan sendir memiliki beragam keistimewaan dan keutamaan dalam kehidupan masyarakat.

Berikut merupakan beberapa keutamaan menggunakan doa qunut latin dalam salat subuh yang dijalankan :

  1. Mendapatkan perlindungan dari Allah
  2. Mendapatkan keberkahan dari Allah
  3. Dilindungi oleh Allah dari beragam penyakit
  4. Kemudahan mendapatkan petunjuk dari Allah

Keempat keutamaan tersebut didapatkan dengan membaca doa qunut latin dalam setiap salat subuh yang dijalankan. Apabila anda mengikut umat NU, maka ada baiknya anda menggunakan doa qunut latin dalam kegiatan salat subuh anda. Hal ini dikarenakan umat islam NU menganut Mazhab Syafi’i sehingga penggunaan doa qunut latin sangat disarankan.

Penggunaan doa qunut latin dalam salat subuh adakah sunah ab’ad. Dimana dalam menjalankannya umat Islam boleh tidak menggunakan doa qunut latin dalam salat namun dapat diganti dengan menggunakan sujud sahwi. Penggunaan doa qunut latin dalam salat sendiri dilakukan sebelum kegiatan ruku dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *