Setiap orang memang pernah mengalami radang tenggorokan dengan berbagai jenis dan tingkat keparahannya. Meskipun berbeda kondisinya, peradangan ini harus diketahui penyebabnya agar memperoleh penanganan tepat sebelum semakin parah. Meskipun ada radang yang cepat sembuh, tidak semuanya persoalan ringan. Inilah fakta penyebab radang dari yang ringan sampai serius.

  1. Daya Tahan Tubuh Lemah

Lemahnya daya tahan tubuh atau sistem imun memang menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. Beragam gangguan kesehatan siap mengintai seseorang yang daya tahan tubuhnya lemah. Radang di tenggorokan yang sering dialami bisa jadi disebabkan karena lemahnya daya tahan tubuh.

Virus atau bakteri lebih mudah menginfeksi dan menyebabkan peradangan jika ketahanan tubuh lemah. Hal ini sangat berisiko jika virus atau bakteri yang menginfeksi ternyata merupakan penyebab penyakit serius. Untuk itu, usahakan selalu menstabilkan imunitas tubuh dalam kondisi normal agar terhindar dari serangan virus atau bakteri.

  1. Disebabkan Udara Kering

Kondisi udara yang kering juga menyebabkan Anda mengalami radang di tenggorokan. Peradangan ini disebabkan keringnya tenggorokan karena kelembaban udara yang dihirup memang di bawah normal.

Jika dibiarkan terus menerus, maka kondisinya semakin parah. Tenggorokan bisa semakin kering dan dapat memicu iritasi. Saat mengalaminya, segeralah mengonsumsi air putih untuk mengatasi dehidrasi tersebut.

  1. Kebiasaan Buruk

Tidak sedikit kebiasaan buruk yang menjadi bumerang bagi pelakunya. Setiap orang hendaknya menjaga kesehatannya, termasuk kesehatan saluran pernapasan agar tetap sehat dan terhindar dari beragam penyakit. Gangguan kesehatan berupa radang tenggorokan bisa terjadi karena kebiasaan buruk Anda sendiri.

Sebagai contoh, seorang perokok akan mengalami peradangan di tenggorokannya akibat paparan asap rokok serta tembakau yang mengandung zat berbahaya, seperti tar dan nikotin. Kebiasaan mengonsumsi alkohol juga sangat disayangkan karena begitu berbahaya bagi tubuh. Zat di dalamnya sangat berisiko menimbulkan peradangan dan gangguan kesehatan pernapasan lainnya.

  1. Reaksi Alergi

Alergi merupakan salah satu fakta penyebab yang jarang diketahui orang awam. Pada sebagian orang yang sensitif, peradangan di tenggorokan merupakan salah satu akibat reaksi alergi. Beberapa jenis alergi yang gejalanya berupa peradangan tersebut adalah alergi debu, alergi dingin, alergi serbuk sari, serta alergi pada aroma menyengat lainnya.

  1. Mengalami Cedera

Fakta serius yang terakhir ini juga wajib diketahui. Cedera bisa menyebabkan radang di tenggorokan hingga menimbulkan rasa nyeri. Cedera ini bisa diakibatkan karena makanan yang tersangkut di tenggorokan, luka leher karena benda tumpul, terlalu banyak berbicara atau bernyanyi, dan akibat penyakit pernapasan lain. Jadi, pahamilah apa yang terjadi pada diri Anda.

Sudah seharusnya setiap orang mengetahui berbagai fakta di balik radang tenggorokan yang sering menyerang. Hal ini penting mengingat perlunya menangani kondisi peradangan dengan serius. Jangan menganggap gangguan kesehatan ini sebagai hal yang remeh. Ternyata, ada juga penyebabnya yang serius dan perlu penanganan medis segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *