Sebelum membeli hewan qurban untuk Idul Adha nanti, ada baiknya Anda mengetahui harga kambing qurban terbaru serta cara mendapatkan hewan untuk qurban yang berkualitas baik. Lalu, bagaimana cara mendapatkan hewan qurban dengan kualitas baik untuk Idul Adha nanti? Yuk, simak baik-baik tipsnya berikut ini.

Perhatikan Usia Hewan

Salah satu indikator hewan qurban yang baik adalah cukup dalam hal usia. Untuk hewan qurban berupa kambing, usia yang cukup adalah 12-18 bulan. Sementara itu, untuk sapi dan kerbau 22 bulan. Cara paling mudah untuk mengetahui usia hewan qurban adalah melihat catatan ternak dari pemilik hewan qurban tersebut.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memeriksa usia hewan qurban melalui metode cek gigi. Caranya, jika gigi susu hewan qurban tersebut sudah tanggal, minimal tanggal dua gigi susu di depan, hal tersebut menandakan bahwa hewan qurban tersebut sudah memiliki usia yang cukup untuk disembelih sebagai hewan qurban.

Pastikan Hewan Qurban Tidak Cacat

Hal lain yang perlu Anda lakukan adalah memastikan hewan qurban yang akan Anda beli tidak cacat dan dalam kondisi yang sempurna. Jika hewan qurban memiliki beberapa cacat seperti buta sebelah, sakit, pincang, sangat kurus, dan lain sebagainya, maka hukumnya tidak sah untuk dijadikan hewan qurban.

Tips Menghemat Biaya untuk Membeli Hewan Qurban di Pasaran

Pastikan Hewan Qurban Memiliki Nafsu Makan yang Baik

Kesehatan dari calon hewan qurban perlu benar-benar Anda perhatikan. Pastikan Anda membeli hewan qurban yang memiliki nafsu makan yang baik, lincah, bulunya tidak kusam, dan memiliki mata yang bersinar. Akan lebih baik lagi jika Anda menanyakan mengenai SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan) yang merupakan acuan kesehatan hewan tersebut.

Perhatikan Baik-Baik Setiap Organ Tubuh Hewan Qurban

Hal lain yang sangat penting untuk Anda lakukan saat melakukan pembelian hewan qurban adalah setiap organ dari hewan qurban tersebut. Perhatikan hewan qurban yang akan Anda beli pada bagian mata, hidung, dan juga anus. Pilih hewan yang bersih pada bagian mata, hidung yang terlihat bersih, dan proporsi tubuh yang standar.

Pastikan kombinasi perut, kaki depan, kaki belakang, leher, dan kepala, terlihat ideal dan seimbang. Untuk bagian anus sendiri, jangan memilih hewan qurban dengan anus yang kotor karena bisa jadi hewan tersebut sedang mengalami diare. Pastikan juga hewan qurban tersebut tidak korengan, atau mengidap penyakit kulit lainnya.

Pilih Tempat di Mana Anda Membeli Hewan Qurban

Memilih tempat yang tepat untuk membeli hewan qurban merupakan salah satu hal yang tidak kalah penting dalam memilih hewan qurban itu sendiri. Ada baiknnya Anda memilih hewan qurban yang diternbakkan di lingkungan yang bersih, sehat, dan minim polusi udara. Hal ini akan berimbas pada tingkat stress dan kesehatan tubuh hewan tersebut.

Saat ini, sudah banyak kemudahan yang bisa Anda dapatkan dalam membeli hewan ternak. Salah satunya, Anda bisa membeli berbagai macam hewan qurban secara online di globalqurban.com. Selain lebih mudah karena tidak perlu repot-repot ke pasar hewan, daging qurban yang kita beli juga didistribusikan ke orang-orang yang benar-benar membutuhkan daging qurban tersebut.

Nah, itu dia ulasan mengenai tips memilih hewan qurban yang berkualitas baik untuk berqurban saat Hari Raya Idul Adha nanti. Cari hewan qurban berkualitas baik? Atau ingin mendapatkan harga kambing qurban lebih terjangkau? Anda bisa melakukan qurban secara online di globalqurban.com dan rasakan kemudahannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *