Tanda kehamilan minggu pertama, memang tanda kehamilan tidak bisa ditentukan begitu saja. Gejala dan tanda di minggu pertama memang tidak mudah untuk di ketahui dan menentukan bahwa ini hamil atau tidak. Kehamilan positif atau tidak tidak bisa di tentukan dengan memperhatikan satu tanda saja.

Memang tanda kehamilan pertama pada umumnya yaitu terlambat datang bulan. Selain itu sering mual juga memang kebanyakan orang sering menggunakan tanda atau gejala ini sebagai positif hami. Namun, terkadang mual dan muntah bisa terjadi sewaktu-waktu tanpa hamil juga bisa terjadi. Jadi tidak kurang begitu tepat apabila di pakai sebagai gejala yang pas untuk menentukan kehamilan.

Pasangan suami istri terkadang bingung menetukan ini hamil atau tidak. Bahkan kebanyakan di masyarakat kita mengalami atau mengetahui usia kehamilan setelah umur 3 minggu bahkan sampai satu bulan. Tentu hal seperti ini tau terlambat mengetahui umur kehamilan bisa berdampak buruk karena mungkin kita tidak sengaja mengkonsumsi atau makan makanan yang bisa menyebabkan keguguran.

Dengan sulitnya mengetahui umur kehamilan bahkan masyarakat awam sering membiarkan tanda kehamilan utama seperti terlambat datang bulan, mual serta muntah-muntah.

Untuk itu kita perlu memperhatikan atau memastikan apakah Anda hamil atau tidak. Kita bisa memperhatikan gejala atau tanda-tanda lainnya yang sebenarnya mudah. Gejala ini bisa dilihat atau dikenali pada fisik maupun nonfisik berikut ini kami coba rangkum silakan di baca.

Gejala Kehamil Minggu Pertama Secara Fisik

Ciri-ciri kehamilan / atau tanda kehamilan pada minggu pertama bisa dilihat secara fisik. Beberapa perubahan yang sering terjadi seperti bentuk payudara, perut mual, bercak darah dan frekwensi buang air kecil. Berikut ini merupakan daftar gejala yang bisa anda kenali apabila ingin mengetahui seorang istri hamil atau tidak di minggu pertama antara lain sebagai berikut :

  1. Bentuk Payudara Yang Berubah

Payudara akan berubah bentuknya apabila seorang istri hamil, hal ini bisa di lihat atau terjadi mulai minggu pertama kehamilan. Biasanya payudara lebih sentitif apabila terkena sentuh atau memakai bra dan biasanya kurang nyaman. Dari ukuran juga berubah lebih besar, terasa gatal dan puting membesar karena perubahan hormon sedang terjadi pada wanita hamil pertama. Warna pada areola lebih hitam dan gelap.

  1. Terdapat Bercak Darah / Implantation Bleeding

Bercak darah ini keluar dan terjadi pada minggu pertama, seorang istri akan mengalami pendarahan dan muncul bercak atau di sebut juga dengan implantation bleeding. Bukan pendarahan hebat namun pendarahan ringan. Pendarahan ini terjadi dikarenakan terdapat proses implantasi calon janin pada dinding rahim seorang wanita yang hamil. Keluar darah seperti sedang haid tetapi hanya sedikit sekali.

  1. Pada Bagian Perut Terasa Sakit

Pada wanita yang sedang hamil di minggu pertama biasanya perut mengalami kram atau terasa sakit. Hal ini terjadi dikarenakan karena efek implantasi janin yang terbentuk di dinding rahim dan berakibat terasa sakit pada perut. Jadi ini bisa dibuat sebagai tanda atau gejala hamil pada minggu pertama

  1. Mual dan Muntah

Hamil muda ini bisa dilihat dan dikenali dari gejala mual dan muntah. Walaupun mual dan muntah bisa terjadi pada siapa saja walaupun belum hamil namun ini juga bisa di jadikan kumpulan tanda bahwa seorang wanita sendang hamil muda. Mual dan muntah bisa terjadi pada pagi hari atau kita sering sebut dengan morning sickness namun terjadinya bisa sering bukan di pagi hari saja siang bahkan malam hari juga sering begitu.

  1. Lebih Sering Buang Air Kecil

Frekwensi ini juga bisa di jadikan tandah untuk mengetahui seorang wanita hamil di minggu pertama. Sebelum hamil biasanya skala buang air kecil biasa-biasa saja. Namun, setelah hamil istri akan lebih sering buang air kecil karena tubuh wanita memproduksi hormon hCG. Sering buang air kecil ini akan berkurang apabila usia janin sudah mencapai kurang lebih 12 minggu dan akan kembali lagi pada usia janin mencapai 27 minggu.

  1. Terlambat Menstruasi / Datang Bulan

Gejala terlambat datang bulan ini memang sangat umum, paling sering digunakan sebagai acuan bahwa wanita yang telat datang bulan bisa jadi hamil. Telat datang bulan ini dikarenakan ovarium sudah dibuahi sehingga haid tidak terjadi.

Gejala Kehamil Non Fisik Pada Minggu Pertama

Selain tanda-tanda fisik di atas kita juga bisa melihat tanda-tanda lainnya secara non fisik sebagai tanda kehamilan minggu pertama. Ciri-ciri non fisik ini seperti sensitif, mudah gelisah dan sering ngidam. Berikut ini kami jelaskan detailnya antara lain sebagai berikut :

  1. Ngidam / Mengidam

Ngidam atau mengidam sering terjadi pada ibu hamil. Ngidam yaitu merupakan istilah yang sering digunakan ketika seorang wanita minta sesuaitu namun hal tersebut harus di turuti dan di penuhi oleh seorang suami. Hal seperti ini juga bisa dijadikan gejala awal kehamilan di minggu pertama. Misalnya seorang wanita ingin mangga yang masih muda dan rasanya kecut. Memang ngidam ini tidak hanya terjadi di masa kehamilan pertama namun sering terjadi atau berlangsung ketika hamil sampai sembilan bulan.

  1. Penciuman Lebih Sensitif

Wanita yang hamil biasanya lebih peka terhadap bau-bauan. Bau ini biasanya bau yang tidak disukai seperti misalnya bau asap rokok, parfum, bawang putih sehingga apabila wanita hamil mencium bau tersebut akan mual dan muntah. Memang selain itu terkadang wanita hamil terkadang suka dengan bau tertentu.

Periksa Kehamilan Menggunakan Test Pack Kehamilan dan USG

Sekarang jaman semakin modern, untuk menentukan kehamilan yang lebih tepat bisa menggunakan alat bantu test pack atau USG karena memang cara ini terbukti lebih akurat. Jadi anda bisa pergi ke dokter untuk menentukan kehamilan masa kehamilan anda.

Test pack bisa dibeli sendiri di apotek terdekat. Biasanya sudah banyak test pack dengan beragam merk untuk menentukan atau memastikan beli beberapa macam merk kemudian test secara bersamaan. Apabila hasilnya postitif semua kemungkinan besar istri sedang hamil.

Menggunakan Tes Pack / Tes Urin

Test pack atau test urin bisa dilakukan di kehamilan minggu pertama. Untuk metahui anda benar-benar hamil atau tidak. Caranya yaitu apabila terlihat dua garis pada test pack maka anda postitif hamil. Dan apabila terlihat satu garis maka negatif dan belum hamil. Memang beberapa umumnya test pack menggunakan tanda garis namun bisa juga dengan tanda lainnya untuk itu perhatikan cara penggunaan di belakang kemasan.

USG Ke Dokter / Rumah Sakit

USG merupakan cara yang paling tepat dan akurat untuk mengetahui anda sedang hamil atau tidak. Cukup dengan ke dokter dan melakukan USG maka sudah ketahuan hasilnya apakah anda positif atau negatif hamil. Selain itu USG bisa biasanya dilakukan secara rutin untuk mengetahui perkembangan janin dari bulan ke bulan hingga mengetahui keadaan janin dan perkembangannya dalam rahim. Dengan cara ini anda juga berkonsultasi secara dengan langsung dengan dokter spesialis yang menangani kandungan sehingga lebih akurat.

Berikut tadi di atas sudah di ulas tentang penjelasan tentang tanda kehamilan minggu pertama, sekian dari saya semoga bisa bermanfaat dan janin yang sedang anda kandung tetap sehat. Aamiin.